Senin, 15 Maret 2010

Briket Daun Tebu sebagai Sumber Energi Alternatif


oleh:
M. Hizbul Wathon, Nur Jamilatu K., Arif Hidayat, Friyatmoko W.K.,

Abstrak


Potensi biomassa daun tebu sebagai sumber energi alternatif sedemikian melimpah, namun belum terolah sepenuhnya. Berawal dari hal tersebut diperlukan pengelolahan biomassa daun tebu.Agar praktis, dibuat menjadi briket dengan campuran bahan perekat yang terbuat dari tepung pati. Diharapkan briket biomassa daun tebu dapat menjadi solusi untuk pemenuhan energi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variasi campuran daun tebu/tepung pati yang menghasilkan kalor terbesar dan titik nyala terendah.
Variasi campuran daun tebu dan tepung pati yang menghasilkan kalor terbesar yaitu variasi B dengan kalor sebesar 463,093 cal/g. Uji rata-rata kalor yang dihasilkan dari variasi tebu dan briket kulit kacang menggunakan tingkat signifikansi 0,05 (α=5%).
Variasi campuran daun tebu dan tepung pati yang menghasilkan titik nyala terendah yaitu variasi D dengan titik nyala sebesar 200C. Uji titik nyala yang dihasilkan dari variasi tebu dan briket kulit kacang menggunakan tingkat signifikansi 0,05 (α=5%).

1 komentar:

  1. bisa minta info, di kediri jatim, apakah ada yg produksi briket daun tebu? nuwun

    BalasHapus